Wanita Tetaplah Wanita


 
Hari kartini adalah dimana para perempuan Indonesia mengenang sosok Kartini yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan di Indonesia. Hari kartini diperingati tepat pada tanggal 21 april. Hal ini dikarenakan disesuaikannya dengan hari kelahiran Kartini sendiri. Dalam memperingati hari kartini 21 april, kita selalu mengharapkan semangat kartini dan perintis kesetaraan jender menjadi teladan bagi wanita Indonesia. Namun yang harus selalu kita ingat adalah, dalam memperjuangkan kesetaraan jender kita juga tidak boleh melupakan kodrat kita sebagai wanita.


Mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung memperingati hari kartini dengan  mengadakan seminar di gedung rektorat,  yang bertemakan “PEREMPUAN DAN JURNALIS”. dalam seminar yang membahas mengenai kesetaraan jender, yayu yuniar memberi jalan keluar bagi perempuan untuk dapat mengenali dirinya sejak dini. Sebab dengan mengenali diri sendiri, kita akan mampu mengambil tindakan yang pantas atau tepat untuk kita sendiri.

Selama ini makna emansipasi atau kesamaan jender yang diperjuangkan oleh Kartini diartikan sebagai perjuangan kaum wanita demi mendapatkan persamaan hak dengan kaum pria sehingga bannyak kaum wanita yang hampir melupakan kodratnya sebagai perempuan. Akibatnya banyak di Negara-negara barat wanitanya tidak mau menikah, bahkan tidak mau melahirkan seperti halnya pria.

 Namun ternyata maksud Kartini dalam emansipasi atau kesamaan jender ialah bukan untuk memperoleh persamaan hak dengan kaum pria, melainkan agar wanita dapat mengenyam pendidikan yang tinggi  untuk menaikan derajat wanita yang dahulu sempat kurang dihargai. Selain itu juga kartini bertujuan agar wanita dapat bebas mengajukan pendapat dan pemikirannya.

Tujuan kartini tersebut telah terbukti sekarang. Salah satu bukti nyatanya yaitu banyak wanita yang dapat berdiri sendiri untuk menaikan derajatnya sebagai wanita, dan banyak pula terdapat pembentukan kebijakan dan pendirian LSM-LSM peduli perempuan.

Namun kartini juga mungkin akan tetap ,merasa kecewa, karena dijaman sekarang masih banyak wanita yg tidak dihargai keberadaan dan haknya. Masih banyak kaum wanita yang dilecehkan oleh kaum pria yang tidak bertanggung jawab atas tugasnya untuk melindungi wanita. Contoh nyatanya terdapat banyak kaum wanita yang diperkosa, disiksa oleh majikannya dan bahkan dibunuh tanpa belas kasihan.

Related Post



Post a Comment