Pengertian jurnal online

Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, jarak, ruang, waktu menjadi
hampir tidak ada batasan. Hal inipun telah mengubah pola prilaku pengguna perpustakaan dalam mencari informasi. Pengguna membutuhkan informasi terkini yang bias di peroleh dengan cara yang cepat. Salah satu solusi bagi perpustakaan dalam melayani serta memenuhi akan kebutuhan informasi pengguna adalah dengan menyediakan koleksi jurnal elektronik.


Jurnal online menurut LIPI adalah “sarana berbasis web untuk mengelola sebuah jurnal ilmiah maupun non-ilmiah, Sarana ini disediakan sebagai wadah bagi pengelola, penulis dan pembaca karya-karya ilmiah”.
(http://www.jurnal.lipi.go.id/utama.cgi?bantuan).

Sementara itu Bradley (1999 : 86) menyatakan “…online journals in connection with databases which can be accesed via the internet…”, yang dapat diartikan bahwa jurnal online ini pada dasarnya adalah suatu jurnal yang dikonversi ke bentuk digital dan ditempatkan pada database yang hanya bias diakses melalui internet.

Pada dasarnya jurnal hanya suatu majalah yang terbit secara berkala menyajikan berbagai macam informasi ilmiah dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan. Penyajian jurnal sebelum era digital ialah masih dalam bentuk cetak seperti halnya sebuah buku. Sehingga, dapat dikatakan bahwa pada awalnya jurnal belum memiliki varian yang lain dalam hal bentuk penyajiannya.


Namun seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan computer dimana segala sesuatu pada tingkat tertentu maupun digitalisasi, maka jurnalpun dimungkinkan untuk terbit secara online.
Jurnal yang telah didigitalisasi atau yang sering disebut dengan jurnal elektronik yang hanya tersedia pada basis world wide web (web), sehingga dalam pemanfaatannya pengguna harus terlebih dahulu mengakses database penerbit melalui situs mereka di internet.


 kemudian melakukan download pada file artikel jurnal yang telah dibeli. File tersebut dapat dibuka secara online ataupun disimpan terlebih dahulu untuk kemudian dicetak.
sumber : http://www.fifinhidayat.co.cc

Related Post



Romeltea said...

templatenya ganti

Post a Comment